Logo FISIP

     Web UT    3D UT   mail  office 365
Making Higher Education Open To All

Program Sarjana Strata 1 (S1) - Sosiologi

Deskripsi Program 

 

Globalisasi sebagai akibat dari perkembangan teknologi informasi, menjadikan Negara Indonesia tidak mungkin lagi mampu membendung pengaruh­-pengaruh ekstern yang masuk ke dalamnya. Dinamika sosial budaya yang sangat cepat di Indonesia menghendaki perlakuan dan sikap yang bijaksana agar tidak menimbulkan gejolak yang bisa bermuara pada disintegrasi bangsa. Untuk itu pemahaman tentang masalah-masalah sosial akibat dari  dinamika tersebut serta pemahaman akan paradigma sosial yang ada sangat diperlukan dalam rangka pemahaman dan pencarian solusi bagi masalah yang timbul. Dengan demikian Fakultas llmu Sosial dan llmu Politik Universitas Terbuka menawarkan Program Studi S1 Sosiologi yang diharapkan mampu memberikan peluang yang lebih besar kepada masyarakat untuk memperdalam pengetahuan dan meningkatkan kualifikasinya di bidang sosial.

 

Program Studi S1 Sosiologi bertujuan menghasilkan sarjana di bidang sosial yang mempunyai kedalaman pemahaman akan paradigma sosial dan kemampuan untuk menggunakan metode keilmuan dan pola pikir yang obyektif, kritis dan analitis dalam memaparkan, mengevaluasi, dan  menganalisis secara tepat fenomena-fenomena sosial yang ada.

 

Melalui sistem belajar jarak jauh, program studi ini bisa diakses oleh siapa pun yang telah mempunyai kualifikasi setingkat SMA. Bagi pengembangan  wawasan, program studi ini tidak hanya cocok bagi orang-orang yang bergerak di bidang sosial saja, melainkan juga bagi orang-orang yang membutuhkan wawasan sosial dalam pekerjaan dan kegiatannya. Sementara bagi pendalaman materi, program studi ini dianjurkan untuk diambil oleh para aktivis lembaga non-pemerintah (lembaga Swadaya Masyarakat), orang-orang yang bekerja di pemerintahan (baik eksekutiflegislatif dan yudikatif), orang-orang yang bekerja di institusi ekonomi, para peneliti bidang social guru-guru bidang sosial, maupun mereka yang baru lulus dari SMA dan yang sederajat yang ingin mengembangkan karirnya di bidang sosial. Melalui sistem belajar jarak jauh, mahasiswa Program Studi S1 Sosiologi FISIP UT tidak perlu meninggalkan tempat kerjanya. Di samping itu melalui media elektronik maka materi perkuliahan dapat diakses dimana pun dan kapan pun.

 

Sistem pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan oleh Program Studi S1 Sosiologi dilaksanakan antara lain melalui tutorial tatap muka, tutorial berbasis internet, tutorial audio, bahan ajar cetak, bahan ajar audio dan video.

 

Program Studi S1 Sosiologi memiliki beban studi 145 SKS,  yang dapat ditempuh selama kurang lebih  4 tahun.  Lulusan  program  studi  S1 Sosiologi berhak menyandang gelar Sarjana Sosiologi  [S.Sos]. 

 

Visi Misi 

Visi

"Menjadi program studi Sosiologi yang tanggap terhadap permasalahan dan perkembangan masyarakat Indonesia, regional dan global dengan berorientasi pada teknologi pendidikan tinggi jarak jauh.”.

Misi

1.

Mengembangkan teori dan metode Sosiologi serta penerapannya untuk memecahkan permasalahan sosial di Indonesia.

2.

Melakukan kajian terhadap fenomena sosial khususnya masyarakat yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.

3.

Memperluas akses dan kesempatan belajar yang terjangkau dan berkualitas pada jenjang pendidikan tinggi dalam bidang Sosiologi bagi masyarakat melalui PTTJJ.

4.

Mengembangkan bahan ajar, bantuan belajar dan bahan ujian yang berkualitas dalam bidang Sosiologi.

5.

Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik di bidang Sosiologi dan daya saing di masyarakat.

Tujuan Program

Mengembangkan konsep dan teori Sosiologi untuk menganalisis dan memecahkan permasalahan sosial di Indonesia dalam rangka menghasilkan lulusan yang mampu menggunakan teori dan metode Sosiologi secara tepat.

Kompetensi Lulusan 

Kompetensi Utama

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis fenomena yang berkembang dalam masyarakat berdasarkan teori dan metode Sosiologi.

Kompetensi Pendukung

1.

Menjelaskan konsep dan kaidah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dan sebagai dasar pemahaman Sosiologi.

2.

Menjelaskan konsep dasar ilmu sosial dan humaniora sebagai dasar dalam memahami teori Sosiologi.

3.

Menganalisis berbagai masalah yang ada dalam masyarakat dengan menggunakan teori, dan metode Sosiologi.

 

 

 

 

 

 

Kurikulum 

Struktur Kurikulum Sosiologi

 
[ * ] Jika tidak dapat membuka tampilan halaman ini, silakan klik di sini.

  [ download ]

 

Panduan TAP 

 

Panduan TAP Sosiologi


[ * ] Jika tidak dapat membuka tampilan halaman ini, silakan klik di sini.

  [ download ]

 

 

FISIP UNIVERSITAS TERBUKA

Gedung Fakultas 3
Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe

Pamulang, Tangerang Selatan
Banten Indonesia 15418
Telp: 021 - 7490941
ext. 1901,1930,1933,1934
Fax: 021 - 7434391
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.